Minggu, 20 Maret 2011

Panduan Pemasangan Google Analytics ke Blogger

Jika Anda baru dalam dunia blogging di Blogger.com Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada cara melacak statistik yang bisa dihubungkan ke situs Anda.  untuk memberikan rincian tentang pengunjung, Anda dapat menambahankan program pelacakan gratis seperti Google Analytics relatif mudah untuk di gunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini Anda akan mendapatkan akses  yang sangat berguna tentang kunjungan pada situs Anda. Ini akan membantu situs Anda tumbuh  dan menargetkan konten Anda untuk memenuhi kebutuhan pengunjung Anda.


Langkah Untuk Menambahkan Google Analytics ke Blogger Blog Anda

1. 1.  Login ke Google Analytics
Login ke Google Analytics di http://google.com/analytics dengan login Anda Blogger.com. Jika karena ada alasan tertentu Anda ingin membuat account baru Anda dapat melakukannya namun perlu diingat bahwa Anda akan kehilangan keuntungan mengakses layanan Google seperti Google Webmaster Tools, Google Adsense tanpa harus log out.

2. Sign Up ke Google Analytics
Anda akan melihat sebuah layar yang terlihat seperti ini:

Google Analytics Blogger Sign Up Step 1
Klik pada “Sign Up>>” tombol dan lanjutkan ke langkah berikutnya yang akan menanyakan Anda untuk informasi umum Anda. Website URL, Account Name, Negara, dan Time Zone. Layar akan terlihat seperti ini:
Google Analytics Blogger Step 2
Jika Anda perhatikan, aku hanya meletakkan Blogger url (tanpa http://) dan menyebutnya “David Account” karena ini adalah tingkat atas wadah selama 1 atau 100 website yang berbeda sehingga ide yang bagus untuk nama itu sesuatu yang lebih umum . Langkah berikutnya akan meminta Anda untuk informasi kontak Anda yang mencakup nama pertama Anda, nama terakhir, nomor telepon, dan negara. Mudah sejauh ini benar?
Google Analytics Blogger Step 3
Langkah terakhir Anda sign up akan meminta Anda untuk menerima perjanjian pengguna syarat dan kondisi yang harus Anda baca (just kidding … yang benar-benar pernah membaca seluruh ini istilah hukum sebenarnya?).
Google Analytics Blogger Step 4
Sekarang ini layar berikutnya sangat penting. Ini adalah kode Anda harus meng-copy dan paste ke template blogger Anda. Cobalah dan klik ke dalam kotak dan akan secara otomatis menyorot seluruh blok kode untuk Anda. Sekarang Anda harus menyalin dan menyisipkan kode tersebut ke notepad atau ke dokumen MS Word. Simpan sebagai jaga-jaga karena Anda suatu saat akan  menggunakannya kemudian hari.
Google Analytics Blogger Step 5
Setelah Anda klik pada  tombol “continue >>”   anda akan dibawa ke  dashboard Google Analytics yang baru! Anda akan melihat blog blogger anda terdaftar tapi tanpa data analitis …. Belum.
Google Analytics Blogger Dashboard
Ok, sekarang Anda selesai dengan membuat account Google Analytics Anda. Langkah selanjutnya adalah menempatkan kode pelacakan ke template Blogger Anda sehingga dapat melapor kembali ke Google Analytics dan memberi Anda beberapa data traffic dan sebagainya.

3. 3.  Login ke Blogger.com
Pada jendela baru login ke situs Anda di Blogger.com dan navigasi dari Dashboard menuju tab Layout.

4. 4. Arahkan ke Edit HTML di Menu Layout
Dari menu Layout pilih link Edit HTML Anda akan menambahkan sedikit kode untuk template yang di berikan oleh Google Analytics. Sebagai tindakan pencegahan maka disarankan untuk membackup template Anda saat ini. kemudian beri tanda centang pada .

5. 5. Tambahkan  Kode HTML javascript pada Template Anda
Untuk menambahkan blok kode ke template cari kode </ body> Paste kode html sebelum atau diatas kode </ body>


blogger google analytics code 2

Setelah kode tersebut dimasukkan ke dalam template dan Anda yakin letaknya sudah benar kemudian Simpan Template.  finish Anda sekarang telah berhasil menambahkan Google Analytics untuk blog Blogger Anda.

6. 6.  Kembali ke Google Analytics
Kembali ke account Google Analytics dan melihat dashboard Anda. Kemungkinan besar anda akan melihat tanda seru kuning kecil di bawah “status” kolom yang terlihat seperti ini: google analytics tracking not installed. Ini berarti semuanya tidak bekerja sebagaimana mestinya namun yang baik-baik saja karena kita akan memberitahu GA kita hanya menambahkan kode. Dari dashboard Anda, klik pada “edit” yang terletak di paling kanan.

Google Analytics Blogger Dashboard Edit
Setelah anda mengklik link tersebut, Anda akan melihat layar lain seperti di bawah ini. Akan berkata “Trackin not installed” diikuti oleh link “Check Status”. Anda akan ingin untuk terus maju dan klik pada link yang akan kirim GA untuk mengunjungi situs Anda dan cari kode baru yang baru saja disisipkan di template Anda.
Google Analytics Blogger Dashboard Check Code
Dengan asumsi Anda menyisipkan kode di sana sesuai instruksi di atas, GA akan menemukan kode baru dan mulai melacak segala sesuatu di blog Anda. Jika Anda masih mengalami masalah, kemungkinan besar ada hubungannya dengan GA dan Anda harus membaca panduan untuk membantu mereka memecahkan masalah Anda.
Google Analytics Blogger Dashboard Success
Pesan terlihat di sini, “waiting for data” berarti Anda telah benar setup GA dan data sedang dikumpulkan! Klik di kiri atas logo dan Google Analytics akan membawa Anda kembali ke dashboard Anda. Dari sana klik pada “Lihat laporan” link dan di sanalah semua pengunjung Blogger sangat penting data akan mulai muncul!
Google Analytics Blogger Dashboard Results
Sekarang biasanya makan waktu satu jam atau lebih sebelum Anda akan melihat data apapun (mungkin lebih lama jika Anda tidak mendapatkan banyak lalu lintas ke blog Anda), jadi harap bersabar. Percayalah, Anda akan log in paling tidak sekali sehari hanya untuk melihat berapa banyak lalu lintas blog Anda . Ini sangat adiktif dan informasi yang kuat untuk evaluasi. Anda akan terkejut yang posting Anda yang paling populer dan negara-negara apa yang datang dari orang-orang untuk membaca blog Anda.
Google Analytics sangat kuat dan kita baru saja belajar cara menginstal ke template Blogger Anda. Kita bahkan belum menyentuh permukaan pada fitur dan pelaporan dapat dilakukan. Bagi sebagian besar Blogger, ini akan cukup. Data yang akan dikumpulkan dan Anda hanya akan tinjauan. Orang lain dengan lebih mendalam tujuan (seperti menjual produk atau layanan, menciptakan saluran penjualan, dll) akan ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar GA.
Semoga artikel ini bisa bermanffat untuk sobat Blogger semua. salam sukses.
7. 7.  Mengatasi Masalah
Jika setelah satu hari status masih menampilkan segitiga kuning, Periksa template Blogger Anda untuk memastikan blok kode yang disisipkan di posisi yang benar. Segitiga kuning ditampilkan bila kode ini tidak terdeteksi atau tidak diverifikasi.

0 komentar:

Posting Komentar