Minggu, 20 Maret 2011

Mendaftarkan Blog ke Yahoo Search "Plus" Pasang Meta Tag

Artikel ini masih merupakan seri SEO tingkat pemula bagi Anda yang baru belajar. Dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya agar blog Anda dapat terdaftar di Yahoo Search.
id_search_yahoo_com_1
Sama halnya dengan Google, maka Yahoo-pun menganut lokalisasi bahasa Indonesia. Saran saya gunakan Yahoo Indonesia yang beralamat di http://siteexplorer.search.yahoo.com/id/free/submit

Langkah Mendaftar di Yahoo Search

Pastikan Anda telah masuk-log atau login sebelum menggunakan layanan ini. Siapkan data blog Anda, lalu buka alamat di atas, tampilan Yahoo Site Explorer akan tampil seperti gambar di bawah ini:
siteexplorer_search_yahoo_com_1
Anda hanya cukup membutuhkan satu account yahoo untuk mendaftarkan banyak blog milik Anda. Jangan pernah mendaftarkan blog milik orang lain yang tidak dikenal karena tidak akan pernah berhasil. Hal ini disebabkan Anda wajib mengkonfirmasi kepemilikan blog tersebut pasca mendaftarkan blog-blog tersebut.
siteexplorer_search_yahoo_com_2
Jika belum login maka Anda akan diarahkan ke halaman login terlebih dahulu. Jika Anda telah login tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:
siteexplorer_search_yahoo_com_3

Klik tombol Tambah ke Situs Saya setelah Anda memasukkan alamat yang benar, tunggu sejenak lalu Anda akan dihadapkan pada halaman berikut ini:
siteexplorer_search_yahoo_com_4


Otorisasi Blog di Yahoo Menggunakan Upload File

Ini adalah cari paling mudah yang bisa Anda lakukan, sayangnya cara ini hanya berlaku buat Anda yang memiliki blog dan di hosting di server sendiri ataupun sewa ataupun Anda memiliki akses ke server hosting Anda menggunakan FTP atau Control Panel Hosting.
File ini telah disiapkan oleh Yahoo, Anda hanya tinggal mengunduhnya saja. Tipe file ini adalah berekstensi .html dan jangan mengubah isi file tersebut karena diperlukan oleh Yahoo untuk memverifikasi blog Anda.
siteexplorer_search_yahoo_com_5

Upload-lah file tersebut ke root direktori atau home direktori atau biasanya di folder /public_html.
Klik tombol Siap Melakukan Otentikasi jika Anda telah meletakkannya di server hosting Anda.

Otorisasi Blog di Yahoo Menggunakan Tag Meta

Cara ini tepat buat Anda yang memiliki blog gratis dan di hosting di server yang bukan milik Anda, misalnya di Blogger.com, Wordpress.com dan lain sebagainya. Anda wajib memiliki sedikit kemampuan untuk membuka layout HTML untuk melakukan masalah ini.
siteexplorer_search_yahoo_com_6

Tempatkan pada bagian Header pada tag HTML Anda, temukan bagian antara <head> dan </head>.
Letakkan disana lalu simpan perubahan tersebut. Lalu lakukan otentikasi segera mungkin.
Ada kelemahan menggunakan cara ini dibandingkan cara pertama, yaitu jika Anda mengganti template blog. Maka yang perlu dilakukan adalah menempatkan kembali kode dari Yahoo tersebut ke dalam tag HTML Anda, jika Anda lupa maka Yahoo akan gagal melakukan indeks.
siteexplorer_search_yahoo_com_7
Yahoo akan melakukan pengecekan setiap 48 jam sekali, jadi pastikan blog Anda selalu online dan siap untuk diindeks.
Hal cukup penting lainnya yang perlu ditambahkan adalah RSS (Really Simple Syndication), jika Anda memilikinya ada baiknya tambahkan di menu Feed di bagian menu sebelah kiri halaman.
siteexplorer_search_yahoo_com_8

Demikian artikel bagaimana cara mendaftarkan blog ke Yahoo Search, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar