Sabtu, 19 Maret 2011

Pasang Social Bookmark AddThis di Setiap Posting

addthis-logoBanyak situs yang menyediakan jasa bookmar dan sharing gratis. Diantaranya adalah AddThis.com, AddToAny.com, ShareThis.com, AddInto.com, dan masih banyak lagi. Anda tinggal pilih untuk menggunakan salah satu diantaranya. Karena saya menggunakan jasa AddThis.com maka saya bahas yang ini saja. Untuk yang lainnya tidak jauh berbeda, pada dasarnya cara pasang tombol bookmark di setiap posting sama saja. Bahkan anda bisa memasangnya di sidebar dan tidak perlu di akhir postingan.

Pasang Bookmark Di Setiap Posting
Perbedaan antara meletakkan tombol bookmark di sidebar dan akhir posting adalah, jika anda letakkan tombol di sidebar maka bookmark akan mengambil feed pada halaman utama blog anda. Sedangkan jika diletakkan di akhir setiap posting, maka bookmark akan mengambil feed dari setiap judul posting yang dipilih. Nah, untuk memasang di akhir posting akan saya bagi menjadi dua tahap yaitu tahap pendaftaran atau registrasi dan tahap pemasangan kode script pada template blog.

Tahap Pertama
  1. Kunjungi situs AddThis untuk mendaftar, cuma bentar koq.
  2. Pada halaman Create your button, akan ada pilihan dimana anda akan meletakkan tombol. Misalnya seperti di website, blogspot, wordpress. Kalau saya pilih yang blogspot. Di bagian bawah, silahkan pilih model tombol yang anda rasa cocok.

    create your button
  3. Setelah itu klik tombol Get the code yang berada di bawahnya.

    get the code
  4. Pada halaman berikutnya anda akan diberikan dua pilihan. Apakah anda ingin menambahkan tombol addthis di sidebar atau di akhir setiap posting. Anda bisa memilih dua-duanya secara bertahap. Nah, untuk menambahkan tombol addthis pada setiap posting maka pilihlah yang bagian bawah. Disana ada kode script addthis yang bisa anda copy dulu ke teks editor. Caranya dengan mengklik tombol Copy Code.

    blog post button

Tahap kedua
  1. Login ke blogger dengan ID anda
  2. Klik Layout
  3. Pada tab menu pilih Edit HTML
  4. Centang kotak Expand Template Widget
  5. Cari kode <data:post.body/>
  6. Paste kode script AddThis anda di bawah kode <data:post.body/>
  7. Klik tombol Save Template
Sekarang coba perhatikan pada salah satu posting blog anda. Tombol addthis sudah berada di bawahnya dan di setiap akhir postingan yang lain. Jika tidak ada masalah, maka hasilnya akan seperti gambar ini :

bookmark-sharing-services
Nah, langkah-langkah di atas akan mirip jika anda menggunakan jasa situs lainnya. Yang penting, anda mendapatkan script bookmark dan tinggal menempatkannya akhir setiap posting.

0 komentar:

Posting Komentar